KEGIATAN KHITOBAHAN ALA SANTRI PUTRI ASNAWIYYAH

0
296
pptq asnawiyyah pilangwetan
kegiatan khitobah santri pptq asnawiyyah

ASNAWIYYAH.OR.ID – Khitobahan merupakan salah satu kegiatan rutinitas santri Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Asnawiyyah Pilangwetan, kegiatan ini dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Kegiatan ini diadakan sebagai ajang latihan mental sebelum mereka benar-benar terjun di masyarakat sehingga nantinya mereka tidak canggung atau kebingungan ketika dihadapkan dengan acara-acara yang dihadapi terutama acara yang sering dilakukan oleh masyarakat secara umum.

Dalam kegiatan Khitobahan ini, mereka akan menentukan tema sesuai yang disepakati oleh petugas yang dapat giliran. Tema tersebut bisa berupa kegiatan rutinan di masyarakat, bisa juga kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) ataupun Peringatan Hari Besar Nasional. Para petugas akan mempersiapkan kegiatan ini dengan nuansa seperti tema yang telah ditentukan.

¬†Walaupun tema Khitobahan bisa ditentukan secara bebas, akan tetapi susunan acara harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh pengurus pesantren, diantaranya harus ada Pembacaan Ayat-ayat suci Al-Qur’an, Tahlil-Do’a serta harus ada Rebana. Adapun sebagai acara inti Mauidhotul Hasanah. Adalah seorang santri yang didaulat menjadi pembicara atau penceramah yang memaparkan serta menjelaskan intisari dari tema yang telah diangkat.
pptq asnawiyyah pilangwetan
kegiatan khitobah santri pptq asnawiyyah
Para Pembicara ini biasanya didandani sedemikian rupa supaya menarik perhatian para audien. Mereka rela meminjam bahkan menyewa pakaian serta asesoris demi suksesnya acara tersebut. Bahkan terkadang ada yang didandani secara ekstrim sehingga mengundang tawa para santri yang lain.
Kegiatan seperti ini sangat dinanti-nantikan para santri, bahkan santri yang sedang ada halangan untuk mengikuti acara khitobahan ini akan menyesal karena dalam acara tersebut panitia pelaksana menyediakan serta memberikan hidangan makanan secukupnya demi dan untuk membuat para santri lain semangat menghadiri acara yang sedang dilaksanakan.
Namun pada dasarnya, kegiatan ini diadakan untuk melatih mental para santri supaya menjadi tangguh, handal serta multitalent dalam menghadapi kondisi masyarakat yang teramat kompleks. (CAE)

LEAVE A REPLY