SANTRI TAHFIDZ SIAP LAKSANAKAN SIMA’AN SYAWWAL

0

www.asnawiyyah.or.id – Libur Syawwal udah usai, para santri menikmati liburan selama hampir satu bulan di rumahnya masing-masing, ahad kemarin (9/07/2017) mereka harus sudah kembali beraktifitas di “penjara suci”. Tidak ada toleransi bagi mereka yang datang terlambat kembali ke pesantren, kalau mereka terlambat berarti mereka sudah siap menerima ta’ziran dari pengurus, kecuali memang ada izin udzur syar’i dan diterima oleh keamanan pesantren, mereka bisa lolos dari hukuman.

Setelah sampai pesantren mereka sudah harus menyiapkan kegiatan pesantren yang bernama “Simaan Syawwal”. Kegiatan ini hanya dilaksanakan oleh para santri program tahfidz, “Mereka diharuskan untuk mengikuti kegiatan simaan di bulan Syawwal sesuai dengan materi hafalan yang sudah disetorkan kepada pengasuh” kata Fithoniyah ketua JHQ PPTQ Asnawiyyah. “Mereka akan memulai sima’an dari surat pertama sampai dengan surat ke berapa yang sudah disetorkan, kalau yang sudah dapat banyak biasanya bisa sampai memakan waktu sampai 2 hari, tergantung kemampuan mereka masing-masing” masih tutur Fithoniyah.

Kegiatan Simaan Syawal ini dikoordinir oleh pengurus Jam’iyyatul Huffadz wal Qurro’(JHQ),  pengurus JHQ akan mengatur setiap ada acara yang berkaitan dengan program Tahfidz, seperti Sima’an Kubro, Sima’an Test-tesan, Muqoddaman atau acara yang lainya. Mereka selalu koordinasi dengan teman-teman pengurus setiap ada event tahfidz.

“Kegiatan Sima’an Syawal ini merupakan salah satu program pendukung tahfidz yang bertujuan untuk melatih kelancaran santri dalam menghafal al-Qur’an, sebenarnya bukan hanya di bulan Syawwal, namun masih ada dua waktu lagi yaitu di bulan Robiul Awwal dan Sya’ban, jadi dalam 1 tahun ada 3 event sima’an yang sifatnya serentak atau disebut dengan istilah sima’an kubro” tutup Fithoniyah. (Fath)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.