PENGASUH: PEMBENTUKAN POS UKPP DI ASNAWIYYAH WUJUD PEMERINTAH PEDULI TERHADAP PESANTREN

0

www.asnawiyyah.or.id – Pondok pesantren yang merupakan wadah lembaga pendidikan agama Islam berbasis masyarakat dan sangat potensial untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia memerlukan dukungan program kesehatan.

Hal tersebut sudah dimulai oleh Puskesmas Kebonagung Kabupaten Demak dengan membentuk kepengurusan Pos Upaya Kesehatan Pondok Pesantren (Pos UKPP) di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Asnawiyyah Pilangwetan Kebonagung  Demak  yang dilaksanakan pagi tadi (05/06/2017) di Aula Multimedia.

PPTQ Asnawiyyah Pilangwetan Kebonagung Demak
Bapak Robiin, SKM

Acara pembentukan POS UKPP di PPTQ Asnawiyyah dihadiri oleh Ketua Yayasan Asnawiyyah, pengurus Ponpes dan dari Petugas Puskesmas Kebonagung. Dalam kesempatan acara tersebut Bapak Robiin, SKM selaku wakil dari Puskesmas Kebonagung menjelaskan bahwa “Pos Upaya Kesehatan Pondok Pesantren (Pos UKPP) merupakan upaya fasilitasi, agar warga pondok pesantren mengenal masalah yang dihadapi, merencanakan dan melakukan upaya pemecahannya dengan memanfaatkan potensi setempat sesuai situasi, kondisi dan kebutuhan setempat”.

PPTQ Asnawiyyah Pilangwetan Kebonagung Demak
Ibu Puji Handayani, Ners

Acara pembentukan kepengurusan POS UKPP dipimpin langsung oleh petugas dari Puskesmas, dilanjutkan dengan Training Kesehatan yang meliputi :

  1. Kesehatan Lingkungan yang dipimpin oleh Bapak Priyanto, SKM,
  2. Kesehatan Masyarakat yang dipimpin oleh Bapak Robiin, SKM dan
  3. Kesehatan Gizi dipimpin oleh Ibu Puji Handayani, Ners.

Dalam kesempatan training tersebut para pengurus diberikan pembekalan terhadap kesehatan yang ada di lingkungan pesantren, mereka diajak diskusi dan Tanya jawab seputar dunia kesehatan sehingga mereka mampu memberikan wawasan kesehatan kepada santri yang lain. “Upaya fasilitasi tersebut diharapkan dapat mengembangkan kemampuan warga pondok pesantren untuk menjadi perintis/pelaku dan pemimpin yang dapat menggerakkan masyarakat berdasarkan asas kemandirian dan kebersamaan” tutur Promoter Kesehatan, Ibu Himmatul Khoiriyah.

PPTQ Asnawiyyah Pilangwetan Kebonagung Demak
Bapak Priyanto, SKM

Di akhir kesempatan Ketua Yayasan Asnawiyyah, Bapak Cholilullah, S.Pd.I mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Kebonagung yang telah memberikan wawasan dan bantuan Obat-obatan kepada para santri.  “Upaya yang telah dilakukan oleh Puskesmas Kebonagung merupakan wujud nyata dari Pemerintah peduli kepada Pondok Pesantren, saya berharap pemerintah melalui puskesmas selalu memerhatikan kesehatan para santri, karena mereka calon pemimpin bangsa ini” tutup beliau. (Tim Red-Fathonah)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.