MALAM LAILATUL QODAR MALAM PERUBAHAN TAQDIR

0

10 hari terakhir Ramadhan waktunya menggelar sajadah bukan menggulung sajadah Sudah menjadi hal maklum, jika waktu 10 terakhir jamaah di masjid mulai mengalami kemajuan, yakni maju sofnya. Kenapa bisa begitu? Sebab konsentrasi ibadah sudah bercampur dengan urusan mudik, baju baru, THR, snack lebaran, bahkan para jomblo udah beralih fokus ke THR ( ta’aruf habis lebaran). Udah ngaku aja para jomblo gak usah malu-malu gitu deh.

Rasulullah adalah manusia yang sudah dijanjikan Allah masuk syurga, tapi beliau dimalam-malam terakhir bulan Ramadhan lebih menyibukkan diri dengan ibadah dibanding malam-malam sebelumnya. Itu artinya ada sesuatu yang istimewa di malam itu, walaupun memang malam lailatul Qadar tidak ada yang tahu persis datangnya kapan, tapi banyak ulama yang memperkirakan bahwa 10 hari terakhir bulan Ramadhan adalah waktu yang paling banyak berpeluang datangnya malam lailatul Qadar itu.

Apa malam lailatul Qadar itu? Apakah ia sebuah peristiwa cahaya turun dari langit? Bukan. Namun malam yang di takdirkan Allah siapa yang beribadah pada malam itu seperti beribadah 1000 bulan sama dengan kurang lebih 83 tahun. Subhanallah Bisa membayangkan bukan, ibadah 1 malam seperti ibadah 83 tahun. Itu artinya Allah akan menurunkan rahmat dan ampunan nya yang tidak bisa di ukur oleh manusia. Padahal jika manusia mendapatkan maghfiroh dari Allah maka Allah akan mengampuni dosanya, menentramkan hatinya, menambah ketakwaan ya, mengeluarkannya dari masalah, inilah yang kita cari. Lebih-lebih kita mencari keselamatan dunia akhirat, siapa yang tahu keadaan kita satu jam yang akan datang, satu bulan, satu tahun, bahkan kita tidak tahu keadaan seperti apa nanti kita akan di panggil pulang oleh-Nya.

Siapa yang bisa menjamin kita meninggal dalam keadaan khusnul khotimah, maka mari kita gunakan waktu mulia yang tersisa ini, untuk berikhtiyar, berdoa, beribadah, tilawah yang lebih baik kualitas nya dari biasanya. Agar takdir yang tidak kita inginkan bisa Allah rubah dengan rahmat dan ampunan Nya. Semoga kita termasuk hamba pilihan yang mendapatkan anugerah lailatul Qadar. Aaamiiin. (Imroatul Faizah)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.