Dasar dan Tujuan PPTQ Asnawiyyah

Secara historis, pesantren merupakan lembaga pendidikan yang multifungsi. Disamping ia menjadi benteng pertahanan moral bangsa pondok pesantren juga sekaligus menjadi pusat penyiaran (dakwah) Islam, yang di dalamnya menekankan pada kajian tafaqquh fi ad-din (memahami agama secara komprehensif).

Untuk bisa mengawal itu semua, setiap pesantren harus mempunyai tujuan yang jelas agar kedepan nilai-nilai kepesantrenan tidak luntur di tengah jalan. Dasar penyelenggaraan pendidikan dan pembinaan PPTQ Asnawiyyah sebagai Pondok Pesantren berbasis Tahfidz al-Qur’an adalah al-amr bi al-ma’ruf wa al-nahy ‘an al-munkar(menganjurkan pada kebaikan dan mencegah adanya kemungkaran), ketakwaan, kesadaran untuk mengamalkan nilai-nilai agama, keikhlasan dalam mengemban amanat ilahi, kesederhanaan, dan saling menolong terhadap sesama manusia.

Tujuan pendirian PPTQ Asnawiyyah adalah sebagai berikut:

  1. Membentuk dan mengembangkan generasi muslimah yang tangguh, berwawasan al-Qur’an memiliki keimanan dan ketaqwaan, berakhlak mulia dan beramal sholih.
  2. Mengembangkan kualitas SDM melalui pendekatan Agama, ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai wujud partisipasi dalam memajukan bangsa.
  3. Menegakkan ajaran Islam yang murni dengan manhaj Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45.